PERINGATAN BULAN PENGURANGAN RISIKO BENCANA DI MANADO, SULAWESI UTARA

2016-11-10 | Kegiatan BPBD KUKAR | ADMINHNR
Gambar


Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana tahun ini, 2016, dipusatkan di Kota Manado dan sekitarnya, dan dilangsungkan mulai tanggal 12 sampai 14 Oktober 2016, dengan lokasi kegiatan berada di Hotel Novotel Manado, di Kota Manado, dan di jalur Kota Manado – Danau Tondano.

Peringatan bulan Pengurangan Risiko Bencana tahun 2016 ini, dijadikan sebagai sarana untuk menyosialisasikan kegiatan dan konsepsi Pengurangan Risiko Bencana oleh multi pihak. Hal ini ditujukan guna membangun kesadaran bersama, membangun dialog dan mengembangkan jejaring antar pelaku PRB, serta untuk dijadikan sebagai ajang pembelajaran bersama bagi pelaku PRB seluruh Indonesia.

Dalam acara pembukaan, hadir 1.500 peserta dan undangan, yang terdiri atas Menteri Kabinet Kerja, beberapa Duta Besar negara sahabat, DPR RI, DPD RI, Panglima TNI, KAPOLRI, Gubernur, Bupati/Walikota, DPRD Provinsi, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi seluruh Indonesia, NGO dan INGO, Perguruan Tinggi, Forum PRB, serta berbagai organisasi kebencanaan. Secara resmi, kegiatan ini dibuka pada 13 Oktober 2016, pukul 09.00 WITA, di Hotel Novotel Manado, dan akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo, bersamaan dengan dibukanya Acara ASEAN Ministerial Meeting on Disaster Management (AMMDM). Rangkaian kegiatan telah berlangsung sejak 10 Oktober 2016, yaitu berupa kegiatan Gelar Relawan yang dilangsungkan di Lapangan KONI Manado dan Kantor Gubernur.

Kegiatan itu kemudian disusuli dengan gelaran pameran, yang dilangsungkan mulai 12 Oktober 2016, yaitu Pameran Peralatan Pengurangan Risiko Bencana di Kawasan Mega Mas Kota Manado, dan Rally PRB yang dilangsungkan dari Kota Manado hingga ke Danau Tondano. Pameran berlangsung mulai dari pukul 10.00 hingga 22.00 WITA, mulai 12 sampai 14 Oktober 2016, sedangkan Rally PRB berlangsung dari pukul 08.00 sampai pukul 15.00 WITA.

Pameran Peralatan PRB yang diselenggarakan untuk menjadi ajang dan media berbagi informasi, yang berkaitan mengenai capaian dan pembelajaran upaya pengurangan risiko bencana. Pameran ini berlangsung dari tanggal 12 sampai 14 Oktober 2016, dibuka mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WITA, di Kawasan Mega Mas Kota Manado.

Pada hari yang sama,  12 Oktober 2016, persisnya sejak pukul 08.00 sampai 15.00 WITA, dilangsungkan Rally PRB dari Kota Manado menuju Danau Tondano. Kegiatan yang berupa pawai ini, menggunakan mobil rescue BNPB, BPBD, Basarnas, TNI, Polri, dan lain-lain. Selain itu, pada daerah rawan bencana tanah longsor, dilakukan pemasangan tanda peringatan/informasi, dengan melibatkan para pemangku kepentingan dan masyarakat umum. Di samping itu, juga dibagikan leaflet maupun material sosialisasi lainnya yang berkaitan dengan pengurangan risiko bencana.

Sebagai bentuk apresiasi kepada individu maupun organisasi/lembaga/institusi, yang telah banyak memberikan kontribusi dalam Penanggulangan Bencana di Indonesia, diberikan penghargaan berupa TANGGUH AWARD, yang disampaikan dalam Penganugerahan Tangguh Award, yang dilaksanakan di Hotel Novotel Manado pada tanggal 13 Oktober 2016, yang berlangsung sejak pukul 19.00 sampai 22.00 WITA.

Pada hari yang sama dengan penutupan acara Gelar Relawan, 13 Oktober 2016, digelar Pencanangan Gerakan PRB, yang dilangsungkan di Kota Manado. Acara yang dilaksanakan mulai pukul 14.00 sampai 17.00 WITA ini, digelar dalam bentuk kegiatan yang melibatkan masyarakat dan relawan dalam mengelola ekosistem di sekitar sungai. Kegiatan ini dibuka oleh Menko PMK, dan ditargetkan akan melibatkan pengerahan massa hingga 1.000 orang, ini, merupakan bagian dari rangkaian pembentukan “Sekolah Sungai” di Kota Manado sebagai wujud upaya Gerakan PRB.

Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana 2016 akan ditutup dalam suatu acara yang dilangsungkan di Hotel Novotel Manado, pada 14 Oktober 2016, mulai pukul 19.00 sampai 21.00 WITA. (BNPB)